Pengumuman Pelelangan
 
Daftar Penyanggah
Paket Pekerjaan "Peningkatan Struktur Jalan Dumai - Pelintung (Seksi IV) (APBN-P)"
 

Nama Unit Kerja : Direktorat Jenderal Bina Marga
Nama Satuan Kerja : SNVT Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Prov. Riau
Nama Sub Satuan Kerja : SNVT Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Prov. Riau
Bidang Pekerjaan : PENYEDIA PEKERJAAN KONSTRUKSI

No. 1
Nama Perusahaan : PT.BERKAT YAKIN GEMILANG
Sanggahan :
Waktu Sanggah : 12/Jun/2012   11:49:54 WIB (waktu server) 

Pekanbaru,  11 Juni  2012

Nomor  003/Sanggah-BYG/VI/2012Kepada Yth,
Lamp  -SNVT Pelaksanaan Jalan 
Nasional Wilayah I Prov. Riau
   Di 
Pekanbaru

Perihal Sanggahan hasil penetapan Pemenang
       Paket Pekerjaan Peningkatan Struktur Jalan Dumai  Pelintung ( Seksi I), (Seksi III), Dan (Seksi IV)


Dengan hormat,

Sehubungan dengan hasil Penetapan Pemenang Paket Pekerjaan Peningkatan Struktur Jalan Dumai  Pelintung ( Seksi I), (Seksi III), Dan (Seksi IV)

Untuk itu kami mengajukan keberatan sehubungan dengan penunjukan pemenang pekerjaan  Paket Pekerjaan Peningkatan Struktur Jalan Dumai  Pelintung ( Seksi I), (Seksi III), Dan (Seksi IV). Dengan  alasan 

1.Kami tidak pernah melihat hasil pembukaan Penawaran di www.PU.go.id hingga diumumkan calon pemenang di www.pu.go.id
2.Perusahaan kami mendapat undangan untuk melakukan pembuktian kualifikasi/Klarifikasi diluar dari pada Jam Kantor Dinas.
Dan kami tidak menemukan alamat yg diberikan untuk melakukan klarifikasi hingga keesokan harinya.
File Pendukung Sanggah : 1
Jawaban :
Waktu Jawab : 14/Jun/2012   15:13:54 WIB (waktu server) 

Pekanbaru, 13 Juni 2012

Nomor KU.06.08/POKJA-WIL.I/RIAU/2012/14
Lampiran 1 (satu) berkas

Kepada Yth
Direktur  PT. BERKAT YAKIN GEMILANG
di-
     Pekanbaru

Perihal Balasan Sanggahan

Dengan Hormat,
Sehubungan dengan Surat Sanggahan Saudara No  003/sanggah-BVG/VI/2012 mengenai pemenang Paket Peningkatan Struktur Jalan Dumai  Pelintung Seksi I, Seksi III dan Seksi IV dengan tanggapan dari POKJA ULP Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional II Padang.
1.Tentang tidak pernah melihat hasil Pembukaan Penawaran di www.pu.go.id berdasarkan Berita Acara Pembukaan, pada tanggal 15 Mei 2012, yang dimulai pukul 09.00 WIB  SELESAI untuk Paket Jalan Peningkatan Struktur Dumai - Pelintung Seksi I, Seksi III dan Seksi IV. Dengan ini kami lampirkan Berita Acara Pembukaan dan Absen Peserta yang menghadiri. Untuk itu didalam Pelelangan Sistem Full eProcurement, para rekanan diharapkan proaktif mengikutinya.
2.Berdasarkan undangan yang di email kan ke PT. BERKAT YAKIN GEMILANG dengan No.09.28/UND-KLR/POKJA-WIL.I 2012 tertanggal 1 Juni 2012, dan No.09.29/UND-KLR/POKJA-WIL.I dengan bukti terkirim terlampir, tentang pertanyaan pengiriman diluar jam kantor tidak melanggar Perpres No. 54 Tahun 2010 dan Permen PU No. 07/PRT/M/2011. Dengan maksud supaya rekanan mempersiapkan Dokumen yang diminta didalam Undangan Klarifikasi, untuk waktu hadir di klarifikasi tetap di jadwal jam kerja yaitu pada hari Senin tanggal 4 Juni 2012 pukul 16.00  17.00 WIB dan sampai hari Selasa tanggal 5 Juni 2012 dari Pukul 8.00  17.00 WIB. Untuk alamat kantor sementara cukup jelas di undangan klarifikasi.
Pada tanggal 6 Juni 2012, Jadwal pembahasan TIM TEKNIS ( Tim Telaah ULP Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional II di Padang)

Berdasarkan usulan dari saudara Direktur PT. BERKAT YAKIN GEMILANG, Ir. Harianto W, MT agar Paket Peningkatan Struktur Jalan Dumai  Pelintung Seksi I, Seksi III dan Seksi IV dilakukan  Pelelangan Ulang sangat tidak berdasar.

Berdasarkan Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 54 Tahun 2010 tentang Pengadaan Barang dan Jasa, pada halaman 92 Pemilihan Gagal, Pasal 83 pada poin (1) butir a sampai dengan i dinyatakan semua penawar yang masuk tidak memenuhi ketentuan diatas.

Pedoman Pengadaan berdasarkan Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 07/PRT/M/2011 tentang Standar dan Pedoman Pengadaan Pekerjaan Konstruksi dan Jasa Konstruksi pada halaman 35. Poin H Pelelangan Gagal No.34 Pelelangan Dinyatakan Gagal 34.1 huruf a sampai dengan g. Apabila semua ketentuan dari huruf a sampai dengan  g tidak terpenuhi baru dinyatakan gagal.

Jadi berdasarkan keberatan saudara atas tidak di klarifikasi POKJA ULP Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Wil. II semua prosedur sudah kami lakukan, ini adalah akibat dari kelalaian rekanan terhadap sistem Pelelangan Full eProcurement.

Didalam Perpres No. 54 tahun 2010.
Bagi Calon Pemenang dan Pemenang Cadangan 1 dan 2 yang dilakukan evaluasi dan diundang klarifikasi dan atau pembuktian kualifikasi tidak dihadiri tepat waktu sesuai undangan dinyatakan gugur.

Demikianlah balasan sanggahan ini kami sampaikan atas partisipasi kedepan supaya kita tingkatkan demi kerjasama dan perhatian saudara kami ucapkan terima kasih.



 
                                                                                KELOMPOK KERJA,



                                                                                    ALI UMAR, ST
                                                                                         KETUA



Tembusan disampaikan 
1.Inspektur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum di Jakarta
2.Kepala ULP Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional II di Padang 
3.Kepala SNVT Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I  Prov. Riau
4.PPK 02 (Sp. Batang  Bts. Kota Dumai - Duri
5.Pertinggal
File Pendukung Jawaban : 1

No. 2
Nama Perusahaan : PT. NUGROHO LESTARI
Sanggahan :
Waktu Sanggah : 14/Jun/2012   16:12:38 WIB (waktu server) 

Malang, 14 Juni 2012
Kepada Yth,
Pokja Pengadaan Pekerjaan Konstruksi SNVT
Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I 
Propinsi Riau ULP Balai Besar Pelaksanaan Jalan
Nasional II


Dengan hormat,
Sesuai pengumuman pemenang pelelangan untuk paket pekerjaan Pemenang Paket    Peningkatan Struktur Jalan Dumai  Pelintung (Seksi IV) dimana PT. VIRAJAYA RIAUPUTRA(JO)-PT. MEKAR ABADI MANDIRI dengan nilai penawaran Rp. 37.208.706.139,- (Tiga Puluh Tujuh Milyar Dua Ratus Delapan Juta Tujuh Ratus Enam Ribu Seratus Tiga Puluh Sembilan Rupiah) dinyatakan sebagai pemenang, sedangkan  perusahaan kami (PT. NUGROHO LESTARI) yang menawar lebih rendah yakni Rp. 35.497.089.367,- (Tiga Puluh Lima Milyar Empat Ratus Sembilan Puluh Tujuh Juta Delapan Puluh Sembilan Ribu Tiga Ratus Enam Puluh Tujuh Rupiah) setelah koreksi aritmatik dinyatakan gugur Teknis maka melalui surat ini kami menyampaikan sanggahan. Adapun Sanggahan kami didasarkan atas ketentuan Perpres 54 Tahun 2010 pasal 81 ayat 1 yang menyebutkan Peserta
File Pendukung Sanggah : 1
Jawaban :
Waktu Jawab : 19/Jun/2012   11:24:38 WIB (waktu server) 

Nomor KU.06.08/POKJA-WIL.I/RIAU/2012/15 Pekanbaru, 15 Juni 2012
Lampiran 1 (satu) Berkas
Kepada Yth
Sdr. Direktur PT. Nugroho Lestari
Di 
Malang
Perihal Jawaban Sanggahan
 
Sehubungan Dengan Surat Sanggahan PT. Nugroho Lestari Nomor  NL/PC  02/14.02/VI/2012, Tanggal 14 Juni 2012, Perihal Sanggahan Pemenang Paket Peningkatan Struktur Jalan Dumai  Pelintung (Seksi IV), Yang mana Saudara Direktur PT. Nugroho Lestari Mempertanyakan alasan Panitia menyatakan Penawaran PT. Nugroho Lestari Tidak Lulus Evaluasi Teknis, Sedangkan Proses Pelelangan PT. Nugroho Lestari Telah Sampai pada Tahap Pembuktian Kualifikasi. 
Menanggapi pertanyaan saudara direktur PT. Nugroho Lestari Pokja Berkesimpulalan sesuai dengan Dokumen Lelang Paket Peningkatan Strutur Dumai  Pelintung ( Seksi IV) yang dituangkan di Addendum pada Bab V Lembaran Data Kualifikasi (LDK)
B. Persyaratan Kualifikasi 7. Untuk Pekerjaan Rigid Pavement Penyedia Pekerjaan Kontruksi Wajib memiliki Batching Plant (Batching Plant sudah pernah beroperasi dan memiliki laboratorium) dengan Jarak Maksimal 60 menit dari lokasi Pekerjaan. Bagi penyedia Pekerjaan Kontruksi yang tidak memiliki Batching Plant dapat melakukan perjanjian Kemitraan (Kerja Sama Operasi) dengan Penyedia Pekerjaan Kontruksi yang memiliki Batching Plant ( Batching Plant yang sudah beroperasi dan memiliki Laboratorium) dengan Jarak Maksimal 60 menit dari lokasi pekerjaan dengan memiliki pengalaman pekerjaan Rigid Pavement.
Sedangkan Harga HPS yang di tawarkan tidak ada item Mobilisasi untuk Batching Plant.


Pertanyaan Klarifikasi
No. 1. Jelaskan merek dan kapasitas, serta bukti kepemilikan
(Untuk jawaban pertanyaan ini sudah dimengerti dan cukup jelas)
Hal  Klarifikasi , pokja mengklarifikasi secara teknis yang mana keberadaan Batching Plant PT. Nugroho yang  berada di Jakarta.

No. 2Saudara jelaskan dimana posisi Batching Plant pada saat ini
Jawaban 
Saat ini Berada di Jakarta

No. 3Berapa waktu tempuh yang dicapai dari Batching Plant saudara kelokasi proyek
Jawaban 
Sesuai dengan Jadwal Mobilisasi yang kami sampaikan dalam penawaran  kami.

Kesimpulan POKJA ULP 
Berdasarkan jawaban Saudara sesuai dengan mobilisasi yang kami sampaikan dalam penawaran. Di dalam mobilisasi yang Saudara sampaikan tidak tercantum waktu tempuh dari Batching Plant ke lokasi pekerjaan, tetapi di uraian analisa pekerjaan utama jarak rata-rata dari camp/Batching Plant ke lokasi pekerjaan 50 KM, jadi antara jawaban Saudara di pertanyaan No. 2 dan pertanyaan No. 3 sangat bertolak belakang dimana di dalam dokumen lelang evaluasi penawaran yaitu 28.12 Evaluasi Teknis No  3, yaitu 
Untuk menilai konsistensi dan kewajaran antara metode pelaksanaan, jadwal waktu pelaksanaan, penggunaan peralatan dan bahan (material konstruksi), tenaga kerja, maupun pencapaian produktivitas dan spesifikasi teknis POKJA ULP dapat melakukan klarifikasi dengan menilai rincian/uraian analisa teknis pekerjaan untuk pekerjaan utama meliputi komponen tenaga kerja, peralatan dan bahan (material konstruksi) terhadap pekerjaan yang dinilai konsistensinya.
No. 5 Apabila dalam evaluasi teknis terdapat hal-hal yang kurang jelas ataupun meragukan, POKJA ULP melakukan klarifikasi dan konfirmasi dengan peserta, dalam klarifikasi peserta tidak diperkenankan mengubah substansi penawaran. Jadi hasil Klarifikasi dapat menggugurkan penawaran.
Jadi dasar dari PT. Nugroho Lestari menyangga POKJA ULP dengan dasar Perpres 54 Tahun 2010 pasal 81 ayat 1 adalah tidak benar, karena POKJA ULP sudah melakukan semua sesuai Perpres 54 Tahun 2010, Peraturan Menteri Pekerjaan Umum No. 07/PRT/M/2011 dan Dokumen Pemilihan Pekerjaan Konstruksi. Berdasarkan sanggahan yang Saudara sampaikan, kesimpulan dari POKJA ULP dengan dasar-dasar yang diuraikan diatas, bahwa perusahaan Saudara dinyatakan GUGUR TEKNIS.

Demikianlah jawaban sanggahan ini kami sampaikan atas pengertian dan kerja sama Saudara kami ucapkan terimakasih.



Kelompok Kerja (POKJA)



ALI UMAR, ST
KETUA

Tembusan disampaikan kepada Yth 
1.Inspektur Jenderal Kementerian Pekerjaan Umum di Jakarta
2.Kepala ULP Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional II di Padang
3.Kepala SNVT Pelaksanaan Jalan Nasional Wilayah I Prov. Riau di Pekanbaru
4.PPK 02 (Sp. Batang  Batas Kota Dumai  Duri)
5.Pertinggal
File Pendukung Jawaban : 1